BERHALA DALAM AL-QUR'²N (Telaah dengan Pendekatan Tafsir Mauèûi)


Kesimpulan
          Berdasarkan pembahasan yang sifatnya sangat sederhana sebagaimana yang telah dikemukakan di atas, dengan merujuk pendapat para mufassir, maka dapat disimpulkan bahwa makna berhala dalam al-Qur'àn dengan berbagai bentuknya memiliki multi makna, terkadang sangat jauh berbeda dengan maknanya secara tekstual. Hal ini sangat tergantung pada konteks ayat, dimana kata itu digunakan. Ada beberapa makna berhala yang dikemukakan penulis sebagai berikut:
  1. Dalam al-Qur'àn berhala atau patung disebut aê êanam atau al-aênam dalam bentuk jamak, adalah bentuk patung yang dipuja orang-orang Arab sebelum Islam (masa Jahiliah) dengan cara mempersembahkan kurban ke hadapan berhala dan memohon pertolongan dan petunjuk dalam suatu persoalan penting.
  2. Ada versi yang menyebutkan bahwa yang mula-mula menganjurkan menyembah Uzza adalah Zalim bin As'ad, seorang tokoh Quraisy pada masa pra-Islam. Ada pula yang berpendapat bahwa Amr bin Luhay yang memperkenalkan Uzza dan Lata kepada masyarakat. Ia mengatakan bahwa Tuhan pada musim dingin bertempat pada berhala Lata dan pada musim panas bertempat pada berhala Uzza. Ia menganjurkan masyarakat untuk mengagungkan kedua berhala itu dan membuatkan rumah untuk keduanya.
  3. Adapun berhala-berhala yang dipuja oleh orang-orang Arab di masa Jahiliah antara lain adalah berhala Wadd, yang berbentuk lelaki dipuja oleh beberapa kabilah Yaman. Berhala Suwa', yang berbentuk wanita adalah sembahan orang-orang Huzail. Berhala Yaghuë, berhala berbentuk singa, dipuja oleh kabilah Muzahhaj. Berhala Ya'uq, yang berbentuk kuda disembah oleh kabilah Hamadan, dan berhala Nasr, yang berbentuk burung rajawali disembah oleh orang-orang Himyar



DAFTAR PUSTAKA

Ar-Rifa'i, Muhammad Nasib. Taisiru al-Aliyyul Qadir li Ikhtishari Tafsir Ibnu Katsir, diterjemahkan oleh Syihabuddin, Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4; Jakarta: Gema Insani, 2004
Baqiy, Muhammad Fuad Abdul. Mu'jam al-Mufahras li al-Fàó alQur'àn al-Karìm Libanon: Dar al-Fikr, 1417 H/1996
CD Qur'an Player.
Departemen Agama RI,  Al-Qur'àn dan Terjemahnya
Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT. Ikhtiar Baru van Hoeve, 1997.
Hamka, Sejarah Umat Islam, Cet. VII; Jakarta: Bulan Bintang, 1986
Shihab, M Quraish. Tafsir al-Miêbàh: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur'an Vol. 8 Jakarta: Lentera Hati, 2002
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur'an, vol. 13 Jakarta: Lentera Hati, 2002
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam, Cet. X; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.

Comments